PLKB Kecamatan Sukaraja Mengadakan Orientasi Tim Penggerak Keluarga (TPK 2023) Di Desa Cikeas

  • Mar 20, 2023
  • Admin Cikeas-Sukaraja

   Pada Rabu, 15 Maret 2023, PLKB Kecamatan Sukaraja mengadakan kegiatan Orientasi Tim Penggerak Keluarga (TPK). Kegiatan tersebut bertempat di Aula Kantor Desa Cikeas. Sasaran yang terlibat yaitu bidan, kader TP PKK, korlab PLKB, dan kader Posyandu.  Di sisi lain kegiatan ini juga dilakukan dengan tim pengawas khusus dari pihak Desa Cikeas.

       Tim Penggerak Keluarga (TPK) adalah sekelompok orang yang terdiri dari bidan, kader TP PKK, dan kader KB Desa yang melaksanakan pendampingan melalui serangkaian kegiatan yang meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan, dan fasilitasi bantuan sosial serta surveilans atau pengamatan. Kegiatan dilakukan untuk mendeteksi dini faktor risiko stunting yang bertujuan meningkatkan akses informasi dan pelayanan keluarga/keluarga beresiko stunting dengan sasaran prioritas calon pengantin atau calon pasangan usia subur, ibu hamil, ibu pascapersalinan, dan balita usia 0-59 bulan.

      Kegiatan  tersebut dilakukan secara bertahap disetiap bulannya, mulai dari bulan Maret hingga bulan Desember 2023.  Tujuannya untuk memberikan penyuluhan, mengawasi, dan mencegah berbagai masalah yang dapat memicu adanya stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak.  Hasil yang ingin dicapai, yaitu agar warga dapat terlibat dalam membantu Tim Penggerak Keluarga (TPK) pada saat proses turun ke lapangan.

 

Jumat (17/03/23)